Minggu, 18 Februari 2018

Beberapa Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh


Cantika Kesehatan - Sebelumnya kita membahas selanjutnya berkenaan faedah buah melon, mari kita mengetahui lebih dekat dengan buah yang satu ini. Di Indonesia, buah melon udah lama jadi primadona serta gampang untuk didapati. Kebanyakan orang Indonesia menghidangkannya berbentuk es buah, manisan buah atau di mengkonsumsi segera. Melon menjadi nama buah yang termasuk juga kedalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuhan yang merambat serta menyebar, daunnya berupa menjari, serta struktur daging buahnya lembut serta berair serta berwarna putih hingga merah. 

Beberapa besar dari kita tentu mengetahui serta sempat konsumsi buah yang satu ini. Buah dengan bentuk bulat serta rasa yang manis ini banyak tumbuh di negara beriklim tropis. Meskipun telah sangat dikenal serta kerapkali di mengkonsumsi, tahukah Anda faedah buah melon yang dapat dibuktikan dengan ilmiah? Sebelumnya kita membahas selanjutnya berkenaan faedah buah melon, mari kita mengetahui lebih dekat dengan buah yang satu ini. Di Indonesia, buah melon udah lama jadi primadona serta gampang untuk didapati. Kebanyakan orang Indonesia menghidangkannya berbentuk es buah, manisan buah atau di mengkonsumsi segera. Melon menjadi nama buah yang termasuk juga kedalam suku labu-labuan atau cucurbitaceae. Tumbuhan yang merambat serta menyebar, daunnya berupa menjari, serta struktur daging buahnya lembut serta berair serta berwarna putih hingga merah. 

Melon miliki model, bentuk serta spesies yang beraneka, buah ini pertama kalinya tumbuh di lembah Persia. Serta masuk ke Indonesia sekitaran th. 1970. Seiring waktu berjalan, buah ini jadi tambah banyak dibudidayakan. Serta di masa 1990-an menjadi puncak pengembangan melon di Indonesia. 

Selanjutnya berkenaan kandungan serta faedah apa sajakah yang berada di dalam buah melon, mari kita simak selalu penuturannya dibawah ini. 

Nilai Gizi serta Kandungan Buah Melon


Buah ini kaya beraneka mineral, begitu rendah kalori serta lemak. Buah ini menjadi sumber vitamin A yang begitu baik, (100 g sediakan 3382 IU atau sekitaran 112% dari tingkat harian yang direkomendasi) di antara yang teratas diantara buah cucurbita. Vitamin-A memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi serta begitu terutama untuk pandangan yang sehat. Diluar itu dibutuhkan juga untuk melindungi kesehatan mukosa serta kulit. Selain itu, melon juga kaya anti-oksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein, zeaxanthin, serta cryptoxanthin. Anti-oksidan ini miliki kebolehan untuk menolong membuat perlindungan sel serta susunan beda didalam badan dari radikal bebas. Kemampuan anti-oksidan keseluruhan pada kemampuan absorbans radikal oksigen (ORAC) melon merupakan 315 mcmol TE/100 g. 

Dalam 100 gr buah melon, terdapat beberapa zat gizi sebagaimana berikut (Sumber : USDA National Nutrient data base) :


Kandungan Nilai gizi : Persentase RDA

Energi         34 Kcal                    1,5 %
Karbohidrat         8,6 g                   6,5 %
Protein         0,84 g                   1,5 %
Lemak Total         0,19 g                     <1 %
Kolestrol         0 mg                       0 %
Serat Makanan         0,9 g                  2,25 %

Vitamin

Asam Folat         21 mcg                              5 %
Niacin         0,734 mg                    4,5 %
Asam Pantotenat 0,105 mg                      2 %
Pyridoxine 0,072 mg                   5,5 %
Riboflavin 0,026 mg                      2 %
Thiamin         0,017 mg                      1 %
Vitamin A 3382 IU                        112 %
Vitamin C 35,7 mg                    61 %
Vitamin E 0,05 mg                   0,5 %
Vitamin K 2,5 mcg                      2 %

Elektrolit

Sodium              1 mg                              0 %
Kalium          267 mg                      6 %

Mineral

Kalsium         9 mg                            1 %
Tembaga       41 mcg                   4,5 %
Besi                     0,21 mg                   2,5 %
Magnesium 12 mg                        3 %
Manggan    0,041 mg                      2 %
Seng      0,18 mg                   1,5 %

Phyto-nutreint

Karoten-alpha     2020 mg                             -
Crypto-xanthin-beta   1 mg                                 -
Lutein-zeaxanthin       26 mcg                         -


– *RDA = recommended daily allowance, jumlah nutrisi harian yang direferensikan untuk kesehatan badan maksimal. 

Faedah Buah Melon untuk Kesehatan Badan Kita


Berdasarkan beberapa zat nutrisi yang terdapat dalam buah melon seperti tercantum pada tabel diatas dan didasarkan pada penelitian-penelitian ilmiah, berikut sebagian faedah buah melon untuk kesehatan badan manusia. 

1. Baik untuk Kesehatan Jantung Melon bisa menolong kesehatan jantung dengan dua langkah. Pertama, dengan tingkat serat makanannya yang tinggi, yang bisa menolong kurangi cholesterol “jahat” di badan, jadi dapat membuat perlindungan badan pada aterosklerosis. Ke-2, juga karna kandungan kaliumnya yang tinggi, yang melakukan tindakan jadi vasodilator, yang mana bisa kurangi desakan darah Anda, jadi turunkan peluang terserang penyakit jantung koroner, atau menanggung derita stroke/serangan jantung. 

2. Baik untuk Kesehatan Pencernaan Serat makanan, terlebih serat larut seperti pektin, yang terdapat pada melon begitu tinggi. Serat ini bisa menolong mengikis sembelit, buat buang air besar jadi lancar serta dapat menangani problem gastrointestinal (pencernaan) yang lain. Serat terlarut yang terdapat dalam buah melon buat kita merasakan kenyang, jadi kita tidak butuh makan terlalu berlebih. Oleh karenanya buah ini begitu pas untuk Anda yang tengah berdiet atau menginginkan mengontrol berat tubuh. 

3. Tingkatkan System Kekebalan Badan serta Menghindar Kanker Faedah melon diatas diperantarai oleh kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin A, dan karotenoid serta bioflavonoid. Semua zat itu miliki sifat anti-oksidan jadi dapat tingkatkan ketahanan badan. Tersebut kenapa konsumsi buah melon bisa membuat perlindungan badan kita dari beraneka penyakit termasuk juga kanker. Semakin khusus, melon juga memiliki kandungan senyawa organik yang udah dikaitkannya segera dengan pengurangan kanker paru-paru, mulut, usus besar, serta payudara. 

4. Melindungi Kesehatan Kardiovaskular Melon ini kaya potassium yang mengontrol desakan darah, jadi melindungi kesehatan jantung Anda. Mineral ini menghindar hipertensi serta menghindar sodium biar tdk membahayakan badan selanjutnya. Melon juga kaya senyawa yang dimaksud adenosine yang berguna untuk jantung karna miliki pembawaan pengencer darah. Ini menghindar pembekuan darah dalam system kardiovaskular. Vitamin C menghindar arteriosklerosis yakni pengerasan arteri sesaat folat menolong menghindar serangan jantung. 

5. Kurangi Stres Pekerjaan serta jumlah pekerjaan buat Anda jadi stres? Coba menuai faedah buah melon, karna buah ini kaya potassium yang bisa menormalkan detak jantung serta tingkatkan supply oksigen ke otak, jadi buat Anda merasakan lebih santai serta konsentrasi. Diluar itu melon memiliki kandungan superoksida dismutase yang bisa memerangi stres dengan turunkan desakan darah serta menentramkan saraf. Ini sekalian menghindar kematian sel karena stres oksidatif. 

6. Menghindar Nefropati Diabetik Nefropati diabetik merupakan kelainan ginjal di mana sel ginjal alami rusaknya yang beresiko. Ekstrak melon yang di kenal dengan “oxykine” dapat menghindar keadaan ini. Diluar itu, melon juga miliki indeks glisemik rendah (GI) yang bermakna kalau fruktosa serta glukosa yang terdapat dalam blewah merupakan gula simpel. Dengan hal tersebut, buah ini aman untuk pasien diabetes serta mereka yang menanggung derita obesitas. 

7. Berguna untuk Paru-Paru Mungkin banyak dari kita yang belum juga memahami kalau melon merupakan di antara buah paling baik untuk paru-paru kita? Konsumsi melon dengan teratur isi badan dari hilangnya vitamin A sepanjang sebagian periode yang dikarenakan oleh karna merokok terus-terusan atau terkena asap rokok bebas. Melon menolong meremajakan paru-paru serta begitu berguna untuk perokok yang paru-parunya udah rusak kronis karena merokok. 

8. Penyembuhan Insomnia Mungkin Anda di antara pasien insomnia serta susah mengatasinya? Janganlah cemas, Anda dapat menuai faedah dari buah melon, karna melon memiliki kandungan senyawa uniquecompound yang baik untuk guna saraf serta menentramkan kekhawatiran. Dengan hal tersebut, buah ini mau menolong pasien insomnia untuk singkirkan masalah tidurnya dengan menentramkan system saraf mereka. 

9. Membantu Problem Menstruasi Vitamin C yang terdapat dalam buah melon efisien dalam mengatur aliran menstruasi serta kurangi kram menstruasi pada wanita. Mengkonsumsi melon dengan teratur sepanjang menstruasi bisa kurangi aliran serta pembekuan dengan penting, hal ini dapat juga mengikis problem menstruasi yang lain. Kadangkala melon juga dipakai untuk menginduksi menstruasi. 

10. Menolong Kurangi Berat Tubuh Melon bisa menolong penurunan berat tubuh karna rendah kalori serta tinggi serat. Mengisi perut dengan konsumsi makanan tinggi serat bisa buat Anda merasakan kenyang lebih lama. Sehingga menghindar Anda dari makan berlebihan serta hasrat mengemil di sela saat malam. 

11. Berguna Untuk Ibu Hamil Asam folat kerapkali direferensikan untuk wanita yang menginginkan hamil dan untuk mereka yang tengah hamil. Kandungan folat yang tinggi dalam buah melon menolong menghasilkan serta pelihara beberapa sel baru, terlebih pada wanita hamil dan menghindar masalah pada janin. 

12. Membantu Sakit gigi Siapa kira, buah melon dapat membantu sakit gigi. Ternyata faedah itu terdapat dalam kulit melon. Untuk mendapatkan faedah buah melon yang satu ini, Anda butuh ambil sekitaran 6 gr kulit melon, ditambahkan air serta didihkan hingga masak. Dinginkan, saring serta pakai jadi obat kumur. 

13. Meremajakan Kulit, Pergantian Kulit serta Anti Penuaan Melon memiliki kandungan Vitamin K serta E yang bertindak terutama dalam melindungi kesehatan kulit serta dapat buat kulit bersinar. Kandungan air yang tinggi dapat menghidrasi kulit Anda dari dalam. Diluar itu, melon juga menjadi sumber vitamin B, kolin, serta betaine yang baik yang bisa buat kulit Anda tetaplah fresh serta tampak awet muda. Kandungan Vitamin A serta C yang tinggi dalam buah melon bisa mendorong pergantian kulit serta pembentukan kolagen, serta jaringan ikat yang berikan kesan muda pada kulit Anda. Asam folat yang melimpah membantu sistem pergantian sel, jadi buat kulit Anda senantiasa sehat serta menghindar rusaknya karena radikal bebas. Begitu, melon dapat menjaga elastisitas kulit serta memfasilitasi sintesis kolagen, jadi memberi faedah anti penuaan pada kulit Anda. 

14. Memerangi Rambut Rontok Inositol merupakan bentuk Vitamin B yang diperlukan untuk menghindar kerontokan rambut serta tingkatkan perkembangan rambut. Vitamin ini banyak diketemukan pada buah sitrus terkecuali lemon. Melon memiliki kandungan inositol yang cukup banyak. Mengkonsumsi teratur buah ini dapat merangsang perkembangan rambut. 

15. Membantu Eksim Serta Problem Kulit Yang lain Mungkin Anda merasakan heran mau faedah buah melon dalam penyembuhan eksim. Namun memanglah telah banyak yang perlihatkan kalau juice melon menjadi lotion efisien untuk menyembuhkan eksim serta mengikis bintik-bintik. Diluar itu bisa pula dipakai jadi pertolongan pertama untuk luka bakar serta lecet. 

16. Melindungi Kesehatan Mata serta Pandangan Faedah buah melon yang satu ini telah tdk diragukan sekali lagi. Vitamin A yang terdapat dalam melon miliki karotenoid yang dengan spesial membuat perlindungan kesehatan mata kita. Beta karoten bisa menghindar degenerasi makula, kerentanan lutea pada radiasi UV, serta katarak. Kandungan zat betakaroten juga berfaedah untuk tingkatkan ketajaman pandangan serta melindungi kesehatan mata. 

17. Menghindar serta Aman untuk Pasien Diabetes Pektin dalam melon dapat juga menolong menghindar diabetes, karna pektin serta bentuk serat makanan yang lain mengatur pelepasan glukosa kedalam aliran darah dengan perlahan-lahan. Tidak seperti gula serta karbohidrat simpel yang lain. Hal semacam ini jadi menandakan baik untuk pasien diabetes serta beberapa orang yang berisiko terserang diabetes, karna dengan konsumsi buah melon seperlunya pasien diabetes aman dari lonjakan serta naiknya gula darah yang dapat begitu beresiko untuk kesehatan. Melon juga bebas cholesterol serta miliki kandungan karbohidrat yang rendah jadi betul-betul aman untuk pasien diabetes. 

Dibalik rasa-rasanya yang manis serta beri kesegaran, demikian banyak bukanlah faedah buah melon untuk kesehatan badan kita? Dengan memahami beraneka faedah serta kandungan yang ada di dalamnya, mudah-mudahan lebih menaikkan pengetahuan kita mau dunia kesehatan serta buat kita untuk selalu tergerak melindungi pola hidup sehat dengan teratur konsumsi buah-buahan sehari-harinya. Makanlah sesuai sama keperluan serta petunjuk yang udah diputuskan, janganlah terlalu berlebih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan kritik dan saran anda untuk halaman ini agar lebih baik dari sebelumnya :)